MAJELIS
TAKLIM AL-MUNIR
1. Profil
Majelis Taklim Al Munir
a.
Nama Majelis Taklim : Mejelis TaklimAl-Munir
b.
Pendiri : KH. Abdul Qahar, MA
c.
Berdiri : Tahun 2013
d.
E-mail Majelis Taklim : majelistaklimalmunir@gmail.com
2.
Sejarah
Berdirinya Majelis Taklim Al Munir
Majelis Taklim Al Munir adalah
salah satu program Ponpes al-Quran Al Munir. Berawal dari keprihatinan pendiri sekaligus pengasuh
Ponpes Al Quran Al Munir yang melihat keadaan masyarakat sekitar yang
mengesampingkan pendidikan agama di antara pendidikan umum. Keprihatinan ini
berlanjut ketika pendiri mengetahui kenyataan bahwa lebih dari lima puluh
persen masyarakat di sekitarnya tidak
bisa membaca al-Quran, dan sekitar tiga puluh persen tidak bisa membaca al-Qran
dengan baik. Setelah melewati diskusi dan mendapat dukungan dari banyak pihak,
maka, pada tanggal 12 April 2012 berdirilah sebuah Taman Pendidikan
sekaligus Penghafal Al-Quran yang dibuka secara umum dengan anak-anak sebagai
sasaran dominan.
Selanjutnya agar pembinaan terhadap
santri seimbang antara TPQ dan keluarga, satu tahun kemudian Program pembinaan
terhadap para orang tua santri di jalankan berupa pengajian rutin seminggu
sekali. Yang kemudian disebut dengan Majelis Taklim Al Munir. Tujuan
Majelis Taklim ini ialah membekali para ibu yang minim pengetahuan agama untuk
memotori anak-anaknya agar menjadi generasi islam yang dapat diandalkan.
3.
Visi,
Misi Dan Tujuan Majelis Taklim Yanbuul Qur’an BSD
Ø
Visi
Terbentuknya umat
islam yang mampu memahami dan mengamalkan ajaran al-Quran dan As-Sunnah
dengan baik dan menjadi motor penggerak
generasi muda.
Ø
Misi
·
Menanamkan Dasar-Dasar Keimanan dan Ketaqwaan
Kepada Allah Dan Rasul-Nya
·
Mengajarkan Penulisan Al Qur’an secara Baik dan
Benar
·
Memberikan pengetahuan Din al-Islam secara menyeluruh dan menyampaikan secara
kreatif.
·
Menanamkan pada diri
jamaah agar mengamalkan kandungan isi al-Qur’an
Ø
Tujuan
·
Menjadikan jamaah
sebagai motor penggerak kehidupan generasi muda yang agamis, berakhlaqul
karimah, cinta kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW
·
Mengamalkan ajaran
islam sebagai rahmatan lil ’alamiin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
·
Membantu pemerintah
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
·
Menopang pendalaman
ajaran islam yang sesuai al-Quran dan sunnah
4.
Struktur
Kepengurusan Majelis Taklim Al Munir tahun 2015-2016
5.
Job
Description
a.
Dewan
Pembina dan Penasihat
·
Melakukan pembinaan
dan pengarahan kepada pengurus Majelis Taklim agar tidak menyimpang dari
Syari’at, peraturan organisasi, dan peraturan‐peraturan lain yang berlaku.
·
Memberikan
tausiyah/nasihat kepada pengurus Majelis Taklim, baik diminta maupun tidak
diminta
b.
Pimpinan
·
Bertanggung jawab
atas semua kegiatan Majelis Taklim.
·
Menggerakkan
organisasi, pengurus, dan kegiatan‐kegiatannya.
·
Memimpin musyawarah
dan rapat‐rapat
Majelis Taklim
·
Menandatangani surat‐surat kedalam dan
keluar
·
Menandatangani
laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan Majelis taklim
c.
Sekretaris
·
Bertanggung jawab
terhadap kegiatan administrasi dan kesekretariatan majelis taklim
·
Menadatangani surat‐surat bersama
ketua/wakil ketua majelis taklim
·
Me nginventariskan
semua harta kekayaan organisasi majelis taklim
·
Mengarsipkan surat‐surat organisasi
majelis taklim
·
Menyusun laporan
pertanggungjawaban pengurus majelis taklim.
d.
Bendahara
·
Bertanggung jawab
terhadap masalah administrasi keuangan.
·
Mengatur, mengelola,
menyimpan, dan memegang keuangan majelis taklim
·
Menandatangani surat‐surat bersama ketua
dan sekretaris yang berkaitan dengan keuangan majelis taklim.
·
Menyusun laporan
pertanggungjawaban keuangan majelis taklim.
·
Menggali sumber dana
majelis taklim bersama bidang kemasyarakatan.
·
Menghimpun dana infaq
e.
Bidang
Pendidikan
·
Bertanggung jawab
terhadap kegiatan tabligh dan taklim dari majelis taklim
·
Menyusun program dan
menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan tabligh dan taklim dari
majelis taklim.
·
Melakukan kerja sama
dengan bidang lain atau dengan organisasi majelis taklim/dakwah lainnya dalam
melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan tabligh dan taklim.
·
Mencari/ mengingatkan
jadwal-jadwal guru dan materi
f.
Bidang
Perlengkapan
·
Mendata/ merawat/
mengamankan inventaris majelis taklim
·
Menyiapkan alat-alat
yang akan digunakan untuk kegiatan majelis taklim
·
Melaporkan kepada
ketua atau sekretaris bila ada pihak lain yang akan meminjam inventaris ilik
majelis taklim.
g.
Bidang
Kemasyarakatan dan Dakwah
·
Bertanggung jawab
terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan dan ekonomi majelis taklim
·
Menyusun program dan
menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan, perekonomian
dan dakwah
·
Bersama bendahara
menggali sumber dana majelis taklim.
·
Melakukan kerjasama
dengan organisasi majelis taklim/dakwah/instansi lainnya dalam menyelenggarakan
berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan perekonomian.
6.
Jamaah
Ø Jumlah Jamaah : 40 orang
Umur
|
Pendidikan
|
Alamat/ Jarak Tempuh
|
|||
25-30 tahun :
31-40
tahun :
40-50
tahun :
|
12
Orang
22
Orang
6
Orang
|
Sarjana
:
SMA
:
SMP
:
SD
:
|
5
Orang
23
Orang
7
Orang
5
Orang
|
1-100
m
100-150
m
|
36
Orang
4 Orang
|
7.
Asatidz/
Pembimbing: :
a.
Ust. Maqbullah Zain,
MA
·
Latar Belakang
Pendidikan : Ponpes Nurul Jadid Probolinggo,
Ponpes Tahfidh Raudlatul Mardiyyah Kudus, Lembaga Pengembangan Bahasa Arab, S1
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, S2 Institut Ilmu al-Quran Jakarta.
·
Tempat/ tanggal lahir : - (34 Tahun)
·
Alamat : Jl. Lengkong Gudang
Rt 002/ Rw 09 No. 73, Bumi Serpong
Damai, Tangerang Selatan
b.
Usdth. Ummi Kulsum
·
Latar Belakang
Pendidikan : Ponpes
Nurul Quran Probolinggo, S1 Institut Ilmu Al-Quran
·
Tempat/ tanggal lahir : Probolinggo,
18 Agustus 1990
·
Alamat : Jl. Lengkong Gudang
Rt 002/ Rw 09 No. 73, Bumi Serpong
Damai, Tangerang Selatan
c.
Ustadz Ihsan Asy’ari
·
Latar Belakang
Pendidikan : Pondok Pesantren Modern Gontor
Ponorogo, Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran
·
Tempat/ Tanggal Lahir :
Bekasi, 09 Januari 1983
·
Alamat : Serpong
8.
Metode
yang Digunakan
Metode
|
Ya
|
Tidak
|
Keterangan
|
Ceramah
Tanya
Jawab
Diskusi
Praktik
langsung
Baca
Bersama
Hafalan
|
√
√
√
√
-
√
|
-
-
-
-
√
-
|
Doa sehari-hari
|
9.
Materi
yang di Ajarkan
Materi
|
Ada
|
Tidak
|
Keterangan
|
Al-Quran
Al-Hadits
Kitab
Lain
Buku
Keislaman
|
√
√
√
√
|
-
-
-
-
|
Fathul Muin, Fathul Bari
Segala jenis buku islam yg relevan
dengan materi
|
10. Sarana Prasarana
Sarana
|
Ya
|
Tidak
|
Wakaf
Izin
Masjid
Mushola
Aula
Rumah
Pribadi
|
-
√
|
-
-
|
Ket :Aula yang dimaksud
adalah aula pesantren yang berada di lantai satu.
Inventaris : Infokus, Laptop, Sound system, Papan tulis, bahan ajar, buku,
kitab, dan lain-lain.
11. Program
Kegiatan
a. Jangka
Pendek
Ø Menyelenggarakan ta’lim tentang Wanita
dan Islam setiap pertengahan bulan (tanggal 15 kalender Hijriah) pukul : 15.30
s/d 17.00 dengan Murabbi : Ustadzah Ummi Kulsum.
Ø Menyelenggarakan Pembacaan dan
pengkajian kitab kuning (Fathul Muin/ Fathul Bari) setiap hari minggu pukul :
15.00 s/d 17.00 dengan Murabbi : Ustadz Maqbullah Zain, MA.
Ø Menyelengarakan pengkajian Aqidah islam
setiap sabtu pukul 15.00 s/d 17.00 dengan Murabbi: Ustadz Ihsan Asy’ari.
Ø Mengadakan pelatihan Pembawa Acara
& Pembacaan Kisah Rasulullah dan para sahabat disela-sela kegiatan
Ta’lim. (Oleh pengisi majelis Taklim)
b. Jangka
Menengah
Ø Merintis
Koperasi Simpan Pinjam Syariah di lingkungan Majelis Taklim Al Munir .
Ø Membina
Usaha Kecil Menengah dengan prinsip Ekonomi Syariah.
Ø Membagikan
daging kurban setiap hari raya idul adha.
c. Jangka
Panjang
Ø Mengadakan
acara buka bersama setiap malam nuzulul Quran
Ø Mendatangkan
ustadz-ustadz berpengalaman (berpengaruh) setiap enam bulan sekali
Ø Mengadakan
ziarah ke makam –makam orang-oran sholeh satu tahun sekali.
12. Sumber
Dana
a. Infaq
Jamaah (Infaq jamaah dapat langsung dikirimakan ke rekening majelis taklim atau
menyumbang langsung yang diserahkan kepada bendahara)
b.
Pembuatan Stiker (jaket,topi,kerudung, dan lain-lain)
c.
Menjual kue bolu yang merupakan bagian dari kreativitas
jamaah
d.
Pembuatan Weblog Komersial
RINCIAN BAHAN PENGAJARAN DAN
ALOKASI WAKTU PEMBELAJARAN
1.
MATERI WANITA DAN ISLAM
NO
|
TUJUAN
|
POKOK
BAHASAN
|
SUB POKOK
BAHASAN
|
METODE
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
a.
Memahami dan mampu mengimplementasikan kewajiban wanita menurut
islam
b.
Menjadi wanita mulia
|
Kewajiban
Wanita menurut pandangan islam
|
1.
Kewajiban wanita terhadap Allah SWT
2.
Kewajiban wanita terhadap Rasulullah
3.
Kewajiban wanita terhadap suaminya
4.
Kewajiban wanita terhadap anak-anaknya
a.
Pendidikan jasmani
b.
Pendidikan akal
c.
Pendidikan akhlaq
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
||||||||
2
|
Mampu
mencegah rusaknya prilaku anak
|
Penyebab
Rusaknya Prilaku anak dan Pencegahannya
|
1.
Faktor ekonomi
2.
Faktor akhlaq
3.
Faktor Kejiwaan
4.
Upaya Pencegahannya
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
||||||||
3
|
Mengetahui
dan memperhatikan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak
|
Hal yang
perlu diperhatikan dalam mendidik anak
|
1.
Mendidik anak perlu ilmu
2.
Mendidik anak perlu kesalihan orang tua
3.
Mendidik anak perlu kesabaran
4.
Mendidik anak perlu keikhlasan
5.
Mendidik anak perlu iringan doa
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Hafalan doa
|
||||||||
4
|
Mampu
mengimplementasikan pendidikan secara islam pada anak
|
Cara
mendidik anak secara Islam dan mengenali kesalahan dalam mendidik
|
1.
Mendidik masalah Aqidah
2.
Mendidik masalah Ibadah
3.
Mendidik masalah Akhlaq
4.
Mendidik dengan reward (penghargaan) dan hukuman
5.
Etika dan Prilaku
6.
Pembinaan jasmani
7.
Pembinaan mental
8.
Pembinaan sosial dan kesehatan
9.
Pengembangan wawasan
10.
Kesalahan mendidik anak menurut islam
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
2.
MATERI AQIDAH ISLAM
NO
|
TUJUAN
|
POKOK
BAHASAN
|
SUB POKOK
BAHASAN
|
METODE
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Memahami
dasar-dasar keimanan
|
Makna iman
serta pengaruhnya dalam kehidupan
|
1.
Pengertian Iman menurut bahasa dan istilah
2.
Prinsip-prinsip keimanan dalam islam
3.
Hubungan antara iman dan amal sholeh
4.
Implikasi iman dalma kehidupan
5.
Rukun iman
|
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Hafalan
|
||||||||
2
|
Mengetahui
dan memahami arti Tauhid
|
Tauhid
sebagai guru peradaban Islam
|
1.
Makna kalimat tauhid
2.
Tauhid sebagai sumber islam
3.
Masalah tauhid dan kemerdekaan manusia (demokrasi)
4.
Tauhid dan pengaruhnya bagi perkembangan agama dan iptek
|
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Hafalan
|
||||||||
3
|
Mengetahui
karakteristik Aqidah Islam
|
Karakteristik
Aqidah Islam
|
1.
Aqidah islam sebagai aqidah yang rasional
2.
Aqidah islam bersifat universal
3.
Aqidah islam merupakan aqidah yang terbuka
4.
Keterpaduan antara iman, ilmu dan amal soleh yang melahirkan kesalehan
individu dan sosial
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Hafalan
|
||||||||
4
|
Mengetahui
Bahaya kekufuran
|
Makna
kufur dan bahaya kekufuan
|
1.
Pengertian dan makna kufur
2.
Macam-macam kufur
3.
Sebab-sebab terjadinya kekufuran
4.
Musyik sebagai bentuk kekufuran
5.
Sikap islam terhadap kaum kafir
6.
Bahaya kekufuran
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
||||||||
6
|
Mengetahui
aliran-aliran teologi dalam Islam
|
Beberapa
perkembangan pemikiran dalam islam
|
1.
Ahli sunnah
2.
Mu’tazilah
3.
Jabbariyah
4.
Wahabi
5.
Dan lain-lain
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
3. MATERI FIQIH IBADAH
NO
|
TUJUAN
|
POKOK
BAHASAN
|
SUB POKOK
BAHASAN
|
METODE
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Mengetahui
tentang fungsi dan aplikasi syahadat
|
Syahadat
|
1.
Pengertian syahadat
2.
Fungsi syahadat
3.
Aplikasi Syahadat
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
||||||||
2
|
Mengetahui
konsep dasar dan makna thaharah dalam ajaran islam
|
Thaharah
|
1.
Pengertian dan makna thaharh
2.
Hakekat dan himah thaharah
3.
Jenis Thaharah
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Praktik
|
||||||||
3
|
a.
Mengetahui konsep dasar tentang salat
b.
Mengetahui dan melaksanakan macam-macam shalat sunat, adzan dan
iqomat
c.
Mengetahui beberapa masalah khilafiyah dalam salat
|
Shalat
|
1.
Konsep-konsep dasar dalam shalat
a.
Syarat sah shalat
b.
Rukun shalat
c.
Hal-hal yang membatalkan shalat
d.
Hukum, nikmah dan keutamaan shalat
e.
Adzan dan Iqomat
2.
Shalat sunat dan fadhilahnya diantaranya :
a.
Qobliyah dan ba’diyah
b.
Tahajjud, Dhuha, Hajat, Tasbih, Awabin
c.
Istisqa’
d.
‘Idaini
e.
Dan lain-lain
3.
Beberapa khilafiyah dalam shalat
a.
Qunut
b.
Qadha Shalat
c.
Perbedaan gerakan dalam shalat
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Praktik
|
||||||||
4
|
a.Mengetahui makna, rukun, hal yang
mebatalkan puasa
b.Mengetahui dan melaksanakan amalan selama
berpuasa
c. Mengetahui keutamaan puasa
|
Puasa
|
1.
Pengertian puasa dan rinciannya
2.
Puasa wajib dan Puasa sunnah
3.
Puasa terus-menerus
4.
Hikmah dan keutamaan puasa
5.
Lailatul Qadar (pada bulan ramdhan)
6.
I’tikaf ketika berpuasa
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
|
||||||||
5
|
a.Mengetahui makna, syarat, jenis harta yang
terkena zakat dan mustahiq zakat
b.Mengetahui makna dan beberapa hal yang berkaitan dengan
nishab dan hawl
|
Zakat dan
ruang lingkupnya
|
1.
Pengertian zakat dan perbedaan dengan Sadaqah, infaq dan wakaf
2.
Benda yang wajib di zakati
3.
Nisab dan zakat satu persatunya
4.
Hasil tambang
5.
Zakat rikaz (harta terpendam)
6.
Zakat fitrah
7.
Orang yang berhak menerima zakat
8.
Orang yang tidak berhak menerima zakat
9.
Hikmah dan keutamaan zakat
|
|||||||||
6
|
a.
Mengetahui makna, syarat, rukun, dan yang mmbatalkan haji-umrah
b.
Mengetahui dan mempraktekkan tatacara pelaksanaan haji dan umroh
c.
Mengetahui keutamaan ibadah haji
d.
Mengetahui masalah dalam haji
|
Haji dan
Umrah
|
1.
Konsep-konsep dasar dalam
haji
a. Pengertian haji dan umrah
b. Hukum haji dan umrah
c. Syarat sah haji dan umrah
d. Rukun haji dan umrah
e. Tata cara haji dan umrah
f.
Hala-hal yang membatalkan haji dan umrah
2.
Beberapa hal dalam berhaji: rukun, wajib, sunah, dan makruh
3.
Beberapa masalah dalam haji:
a. Hukum haji dan umrah dengan
menggunakan uang tidak halal
b. Indicator menjadi haji mabrur
4.
Ziarah di kota Mekkah dan makam nabawi
a. Ziarah di kota Mekkah
b. Hukum ziarah ke makam nabawi
c. Hikah ziarah ke makam nabawi
d. Shalat arbain
e. Hokum berdoa saat ziarag ke
makam nabawi
f.
Mengapa harus berdoa
g. Kapan doa di kabulkan
h. Tata cara berdoa
i.
Tmpat mustajabah dalam berdoa
|
-Diskusi
-Ceramah
-Tanya Jawab
- Praktik
|
assalamu'alaikum ustadz mohon maap sebelumnya saya mau meminta izin untuk meniru dari konsep dan programkerja untuk gambaran dari pembentukan majelis di kampung saya...terimakasih sebelumnya semoga ustadz/ustadzah ada dalam lindungan allah swt...wassalamu'alaikum
BalasHapusAssalamu'alaikum Wr.Wb. mohon maaf sebelumnya sa dan ya mau minta izin untuk meniru konsep dan program kerjanya untuk majlis ta'lim saya. dan terima kasih atas limunya. semoga barokah dan manfaah serta panjang umur dan sehat selalu.
BalasHapusassalamualaikum wr.wb...
BalasHapusijin copypaste untuk majlis ta'lim saya. dan terima kasih atas limunya. semoga barokah panjang umur dan sehat selalu.
Aamin Ya Rabb. Silahkan digunakan untuk hal bermanfaat. Terima Kasih sudah klik blog ini.🙏
HapusAssalamualaikum warahmatullahi wa barakatuuh....
BalasHapusMohon ijin untuk sumber tulisan majelis di tempat kami ... Semoga bermanfaat untuk kami semua... Aamiin
Mohon izin menjadi sumber bagi majelis taklim kami yang akan dibentuk...semoga bermanfaat
BalasHapusMohon izin Copas sebagai acuan Majlis Ta'lim gabungan. Terima kasih
BalasHapusIjin copas untuk referensi , terimakasih
BalasHapusAssalamualaikum.wr.wb...
BalasHapusKami mohon ijin mengambil sebagian isi program majlis taklim yg bapak pimpin.
Terikasih. Sukses terus ..
Aamin Ya Rabb. Silahkan digunakan untuk hal bermanfaat. Terima Kasih sudah klik blog ini.🙏
HapusAssalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ustadz....
BalasHapusmohon maaf sebelumnya, mohon izin copas untuk mengadopsi konsep dan program kerja sebagai gambaran untuk kami terapkan di majelis Ta`lim di Lingkungan Perumahan kami...terimakasih sebelumnya semoga ustadz/ustadzah senantiasa diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan allah swt...wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh