Langsung ke konten utama

CARA AGAR GAGAL BOROS ( TRIK BERHEMAT) UNTUK SEMUA


Untuk sebagian orang berhemat bukanlah hal yang mudah. Terlalu sayang melewatkan hal-hal yang menarik yang seakan merayu kita untuk membelinya.
Hal yang paling utama sebelum memulai tips-tips apapun adalah camkan pada dirimu bahwa hal itu adalah aturan yang harus patuhi, karena terkait dengan hidup dan mati (kantong)-mu.

1.    Beri batas anggaran maksimum per-periode

Hal ini akan semakin mudah dilakukan jika kamu tahu berapa jumlah uang yang kamu dapat atau terima dalam sebulan, atau per setengah bulan atau per minggu.
            Misalnya, kamu mendapat sekitar 400ribu dalam sebulan. Biar gampang, bagi dua anggaran tersebut sehingga menjadi 200ribu per setengah bulan atau 100ribu per-minggu.
            Artinya, batas anggaran maksimum kamu dalam seminggu hanya 100ribu. Kamu hanya boleh membelanjakan 100ribu itu selama satu minggu. Tidak peduli satu hari kamu menghabiskan uang berapa, yang penting selama seminggu kamu tidak memotong anggaran minggu berikutnya.

2.    Mencatat pengeluaran

Tips kedua ini selain melatih berhitung kamu, juga melatih ingatan dan kerajinan. Langkah pertama ialah kamu harus punya buku atau kertas kosong tak terpakai (aku juga kadang memakai kertas bekas makalah dan menulis dibelakangnya).
            Buat 6 kolom horizontal dengan format:
tanggal-uraian-keluar-masuk-saldo-keterangan.
Tanggal
Uraian
Keluar
Masuk
Saldo
Keterangan
1 januari
ATM
Pulpen
Bedak


3.000
40.000
100.000
100.000
97.000
57.000





Keterangan diisi jika seumpama uraian dirasa terlalu ambigu.
            Pengeluaran sebaiknya dicatat segera setelah membelanjakan uang. Hal ini untuk mengantisipasi lupa. Tapi, untuk melatih ingatan bisa juga dicatat sebelum tidur atau setelah berakhirnya semua aktivitas, intinya kamu juga harus rajin disini. (pastikan kamu mengingatnya dengan baik ya, karena nanti kamu akan bingung ketika antara saldo di catatan dan saldo yang kamu pegang tidak sama).
            Tujuan kita mencatat pengeluaran adalah kita akan tahu apa yang kita beli benar-benar yang kita perlu atau hanya memuaskan godaan saja. Ketika kita melihat banyak list di catatan, kita akan berpikir, ”Wah, hari ini sudah banyak pengeluaran, besok aja lagi.” (Hehehe.. seharusnya begitu yah)

3.    Membeli yang butuh, bukan yang diinginkan

Nah, ini yang lumayan susah. Ketika kita memegang uang penuh di kantong, meskipun sudah ada catatan barang yang harus kita beli. Bukan tidak mungkin hasrat belanja kita berbisik, “Ada uangnya ini.”
            Wah, stop it! Barang yang tertulis di catatan adalah yang kamu butuh, maka kau perlu membelinya. Sedangkan bisikan itu adalah barang yang kamu inginkan, yang bisa ditunda dan tidak perlu kau dengarkan.

4.    Mencatat apa yang perlu di beli

Hampir sama dengan point nomor tiga, mencatat barang yang perlu dibeli adalah untuk mengantisipasi membeli barang yang hanya diinginkan.

5.    Menitipkan uang pada teman yang kamu percaya

Di point ini kamu membutuhkan partner. J Pilih salah satu teman yang menurutmu bijak dan bisa dipercaya untuk menyimpan uangmu.
Setelah menemukan orang yang tepat, jadikan dia rem keuanganmu. Bilang padanya bahwa setiap kali kau meminta jatah uang, minta dia untuk bertanya untuk apa dan untuk berapa hari? Jelaskan juga padanya bahwa uangmu yang di pegang olehnya untuk jangka waktu sekian hari/minggu (terserah kamu).
Cara ini aku temuin saat di pesatren dulu, para adik kelas biasanya memilih senior yang dihormatinya untuk memegang uang jajan mereka (ini inisiatif mereka sendiri loh). Dengan begitu mereka harus punya alasan bagus untuk berbelanja.

6.    Jangan buang recehan, simpan di kotak bekas atau toples.

Jangan meremehkan recehan karena suatu saat akan membantumu. Jika kamu memang benar-benar tidak membutuhkan recehan, tidak peduli apapun alasannya simpan saja. Jika nanti sudah terkumpul banyak tanpa kau sadari, hitunglah dan belanjakan apa yang kau mau. Jika kau tidak mau membelajakannya, sedekahkanlah!

7.    Makanlah di rumah atau masak sendiri.

Jika memungkinkan, masaklah di rumah atau masak sendiri (untuk anak kos). Memasak sendiri atau makan di rumah dapat mengurangi pengeluaran berlebih pada kebutuhan makan.
           


Postingan populer dari blog ini

LAGU ANAK Terimakasih Tuhan (Joshua), Sirik (OST. Joshua Oh Joshua), Lihat Kebunku, Gembala Sapi

TerimaKasih Tuhan Voc: Joshua Suherman Terimakasih Tuhan, kuucapakan Atas bimbingan dan karuniamu Sehingga aku bisa menghadapi sgala cobaan Namun aku tetap ingat padamu...             Terimakasih ibu dan bapakku             Atas dorongan semangatmu             Sehinngga aku tetap bisa bersekolah             Walau rasanya sungguh susah Terimakasih juga guru-guruku Yang tak pernah lelah mengajariku Terimakasih juga teman-temanku Yang tak pernah henti menghiburku. Untuk Lirik Lagu dan download MP3 Original sountrack Joshua Oh Joshua Lainnya, klik, DISINI Lihat Kebunku Lihat Kebunku, penuh dengan bunga Ada yang putih dan ada yang merah Setiap hari ku siram semua Mawar melati semuanya indah.       Gembala Sapi Voc: Mega Utami Saya ini si gembala sapi.. O biye.. Obiye.. Obiyoo Inilah kerjanya si gembala sapi Apa yang kau pikirkan lagi Yo.. bulei… bulei.. yo bulei.. bulei.. bulei             Bila hari telah pe

PART 2 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

SOAL QURDIST ( TAJWID ): 1.     Jika ada Nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ‘ain ( ع )     maka dibaca jelas. Hukum bacaan ini disebut…. ( Idzhar ) 2.     “ وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا “ Hukum bacaan yang terdapat pada bagian “ وَالْعَادِيَاتِ ” disebut bacaan… ( Alif Lam Qamariyah ) 3.     Sebutkan 5 huruf dari hukum bacaan Qalqalah…. ( ب - ج - د - ط – ق ) 4.     Surah Al-Quran yang terakhir kali diturunkan adalah …. ( Al-Maidah ayat 3 )   5.     Surah Al-Quran yang pertama kali diturunkan adalah… ( Al-Alaq/ Al-Alaq ayat 1-5 ) 6.       Surah Al-Kafirun termasuk ke dalam golongan surah…. ( Makiyyah ) 7.       Muttafaqun ‘Alaih adalah sebutan untuk dua perawi hadist yaitu…. ( Bukhari - Muslim ) 8.       Berapakah jumlah Juz, Surah dan Ayat didalam Al-Quran? .. (30 Juz/114 Surah/6666 Ayat) 9.       Hukum bacaan Mad yang terdapat pada “   السُّفَهَاءُ ” adalah …. ( Mad wajib Muttasil ) 10.   Surah terpanjang dalam Al-Quran adalah….. ( Al-Baqarah )

ORIGINAL SOUNTRACK JOSHUA OH JOSHUA LIRIK LAGU (DOWNLOAD JUGA MP3-NYA)

   SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #1 Lagu Andai AKu jadi Kaya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )                                       Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Kan ku sewakan pada pengamen-pengamen ANdai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku ajak ayah dan Bunda (Kemana?) Kemana aja, namanya juga orang kaya… Duh.. enaknya jadi orang kaya Beli apa juga bisa Pergi kemana saja bisa (Bisa kaya gak kita ya?) Bisa….. Pasti bisa Asal kita rajin bekerja Bisa….. Pasti bisa Asal rajin menggapai cita Lagu Andai AKu jadi Kaya Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Tak sewa no pengamen-pengamen, Rek.. Untuk download lagu MP3-nya silahkan klik, DISINI SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #2 Sirik Tak Baik Adanya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )          

PART 3 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

Cerdas Cermat Islami SOAL WAJIB Soal     : Aqidah Akhlak 1.     Seluruh rasul mempunyasi sifat-sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki rasul disebut sifat wajib rasul, sifat wajib tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat wajib tersebut beserta artinya ... Shiddiq : berkata benar Amanah : dapat dipercaya Tabligh : menyampaikan Fathonah : cerdik dan pandai 2.     Seluruh rasul terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul disebut sifat mustahil bagi rasul, sifat mustahil tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat mustahil tersebut beserta artinya ... Kizib :berkata bohong Khianat : tidak dapat dipercaya Kitman : menyembunyikan Baladah : bodoh 3.     Diantara 25 Nabi dan Rasul, ada rasul yang diberi gelar ulul azmi, sebutkan siapa saja mereka ... Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad AS 4.  

BIOGRAFI SINGKAT, PEMIKIRAN DAN KARYA KH. AHMAD DAHLAN

KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah membawa kita pada zaman yang penuh berkah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam proses penyusunan makalah ini, baik dari segi material maupun spiritual, sehingga makalah ini da pat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.             Makalah dengan judul “Biografi, Pemikiran, Karya dan Gerakan KH. Ahmad Dahlan” ini disusun sebagai salah satu syarat penilaian kompetensi dasar pembuatan makalah dan presentasi semester keempat pada mata kuliah Kepemimpinan Dakwah. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan peny