Langsung ke konten utama

LAPORAN OBSERVASI DAN WAWANCARA INTERNATIONAL ISLAMIC EXPO (IIC) HAJJ AND UMRA 2016


A.    Gambaran Singkat Pameran International Islamic Expo 2016
International Islamic Expo (IIC) Umra-Hajj and Islamic Tourism yang dilaksanakan di gedung Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 oktober sampai dengan 29 oktober 2016 lalu merupakan pergelaran acara yang ke-12 dan terlengkap. Pameran di buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB.
Ada sekitar 155 stand di pameran ini, sudah termasuk stand di luar Haji-Umrah (Islamic Tourism), misalnya stand Korea yang menurut pengamatan kami, cukup ramai selama pamean berlangsung. Acara ini didukung oleh sekitar 35 sponsor, yang terdiri dari Co-sponsors: Al Firdaous Hotel, Sky Prime, Al-Azhar Hotel, dan dallah transport. Sedangkan Bank partners yaitu: Bank BRI Syariah, BNI Syariah, Mandiri Syariah. Media Parteners diantaranya: RCTI,  MetroTV, iNewsTV, airporTV, RASfm, KBRyuhu, DREAM, VENUE, OASESahira, Majalah Haji&Umrah, gomuslim.co.id, QUALITY, netralnews.com,  Alu Indonesia, Radio HajiUmrah. DDS danInternet didukung oleh: Sabre dan Biznet.  Serta didukung oleh: LPPOM MUI, AMPHURI, Bumiputra Malaysia, Organization of Islamic Coorporation, Kemenag Indonesia, Islamic Development Bank, HIMPUH dan lain-lain.  
Beberapa selebritis Ibukota juga ikut serta dalam memeriahkan acara ini yaitu, Bunga Citra Lestari (BCL) yang tampil pada Dinner pada hari pertama bersama Zee Zee Shahab. Pada hari kedua, yaitu saat kami datang ke acara juga ada Live performance Fatin Shidqia Lubis pada jam 13.40 lewat, dan juga ada penampilan ustadz Zaky Mirza. Bintang tamu yang akan hadir di hari terakhir berdasarkan informasi yang kami peroleh ialah Rossa.
Banyak yang ditawarkan di pameran ini diantaranya; (1) penawaran istimewa paket Umrah/ Haji khusus dan wisata (2) Info seputar Umrah Haji dan umrah (3) Tausiyah, pentas seni Islami (4) Info produk syariah (5) Tiket promo Domestik/ International.
B.     Wawancara dengan Event Organizer (Allia Convex)  dan Pengunjung
Kami berhasil mewawancarai salah seorang dari Allia Wisata yang merupakan Event Organizer dari acara tersebut yaitu manager Alia wisata Saudi Arabia, Bapak Muhammad Masudi.
Berikut adalah wawancara  dengan Bapak Muhammad Masudi (Manager Allia Wisata cabang Saudi Arabia):
Siapa penggagas Ide acara ini?
Penggagas Idenya dari Allia Convex atau Allia wisata, kebetulan saya (Muhammad Masudi) manager Allia wisata yang ada di Saudi, saya menemani orang-orang Saudi yang kesini, yang mengontrol pergerakab jamaah Allia wisata baik itu Jeddah, Makkah atau Madinah.
Apa tujuan dan manfaat digelarnya acara IIE (Internatiobal islammic Expo) Umra-Hajj ini untuk umum?
Tentunya manfaatnya banyak sekali ya… khusunya yang tahun ini itu hampir semua masuk, Perbankan juga masuk (sebagai sponsor) sehingga produk-produk Bank Syariah Islam. Kemarin sudah di jelaskan ya.
            Tapi intinya, setiap pameran International Islamic Expo ini kita mendatangkan peserta luar negeri khususnya mereka dalam perhotelan, transportasi, maupun devisa yang ada di Saudi. Tujuan mereka datang kesini untuk melakukan kerjasama dengan agen-agen (travel) yang ada di Indonesia. Kenapa? Karena system beberapa tahun belakanga ini berbeda dengan system provider visa tahun-tahun sebelumnya.
            Kalo beberapa tahun yang llau kita mengajukan visa ke kedutaan Umrah, kita langsung (bisa). Tetapi sekarang ini kita harus melalui provider yang ada di Saudi yang aman tugas mereka bertanggungjawab untuk jamaah Umrah (atau haji) yang ada datang ke Saudi dan apabila melakukan pelanggaran, (misalnya) over-stay di Saudi nanti provider visanya yang akan kena (sanksi). Contohnya provider yang ada An-Najat, Amamah yang punya beberapa syarat untuk melakukan kontrak bagi travel agen yang melanggar  kontrak yang ada di Indonesia yang ada di Saudi tentunya di harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya kalo di Saudi kita bayar jaminan, Kayak Saudi kurang lebih SR 200.000 tujuannya apa, apabila ada salah satu agen (travel) yang ada di Indonesia melakukan pelanggaran over-stay uangnya ga akan kembali, dia akan kena (sanksi) per-orang. Untuk tahun ini provider Saudi-nya kena, kalo ngga salah anatar SR 100.000 terus (orang) yang umrah yang melakukan pelanggaran juga akan kena (sanksi) SR 50.000 kemudian dimasukkan ke penjara dan travel agen yang memberangkatkan mereka kesana juga kena denda SR 50.000 . Makanya tahun ini kita berhati-hati menerima Umrah dan jamaah.
            Kalo tahun-tahun sbeelumnya kala terjadi pelanggaran, itu Cuma provider dan travel agen yang kena (sanksi). Sekarang ngga (begitu), travel Indonesia kena, provider visa kena dan orangnya sendiri kena. Jadi semua kena (sanksi).
            Contoh kejadian saat haij dulu, misalnya visa ziarah, mulai tahun ini Pemerintah Saudi mengeluarkan peraturan per tanggal 1 Muharram visa ziarah apa saja, baik visa ziarah bisnis ataupun keluarga, kalau melewati batas (tinggal) dia akan kena denda SR 15.000 dan itu kemaren terjadi banyak sekali. Dan kebetulan saya sendiri membantu mereka untuk mengurus, kemudian mereka bisa kembali (ke Indonesia).
Lalu, manfaat untuk perusahaan sendiri?
            Kalo untuk perusahaan sendiri, (karena) kita bergerak dalam Haji-Umrah ya.. otomatis untuk travel-travel lokal, (salah satunya) dia bisa deal/booking hotel kalau selama ini mereka belum kenal. Misalnya, Hotel Dallah dia belum kenal, dia bisa ke orangnya langsung, karena beda antara kita booking atau deal dengan mereka disini dengan harga yang mereka publish. Manfaat lainnya ya… mengikat asosiasi antar travel-travel.
Berapa lama persiapan penyelenggaran acara ini?
            Hampir setahun persiapannya. Karena tempat ini penuh, selesai adanya acar ini , misalnya kita selesai besok, hari minggu kita langsung deal dengan pihak JCC (Jakarta Convention Center). Makanya pihak Saudi tiap pameran datang, kenapa? Karena untuk memudahkan orang Saudi sendiri, karena tidak selamanya orang saudi bisa bahasa inggris, kebetulan saya sendiri bisa baahsa Arab.
Strategi khusus (untuk melaksanakan acara ini)?
            Diantaranya dengan IIE ini otomatis gimana caranya kita bisa melakukan hubungan kerja baik dengan pihak kedutaan Saudi Arabia.
Harapan ke depan bapak terkait acara ini?
            Biar tiap tahun ataupun kedepannya lebig gede lagi. Jika tahun lalu hanya mendatangkan Rossa dengan menyayikan lagu-lagu religi, sekarang tiga orang. Pertama BCL (Bunga Citra Lestari) yang hadir semalem waktu makan malam, hari ini Fatin, dan Rossa besok jam satu siang. Stand-standnya lebh banyak tahun sekarang, kenapa? Karena tempatnya juga lebih besar, dan ini terbesar juga. Dan yang punya izin International Cuma Allia wisata, (yang lain) ngga ada yang punya izin International.
            Kami juga mewawancarai pengunjung International Islamic Expo (IIE) 2016 Hajj-Umra dan informasi yang kami dapatkan adalah: Pengunjung  mengetahui tentang acara ini dari berbagai sumber diantaranya ialah dari teman dan media sosial. Tujuan utama mereka datang ke Pmaeran International Islamic Expo 2016 ialah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang umroh, Haji dan wisata muslim, serta mencari program diskon atau keuntungan lain yang ditawarkan selama pameran.
            Daya tarik utama dalam pameran ini, mnurut mereka, antara lain, publikasi yang bagus meriah dan intensif serta image pameran yang sudah baik dari tahun ke tahun.. rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung ialah lebih dari 2 jam. Meski ada pengunjung yang tidak berencana melakukan umroh dalam waktu dekat tetapi kemungkinan mereka mengunjungi Pameran International Islamic Expo 2017 ialah pasti datang.
Denah Pameran International Islamic Expo 2016









Postingan populer dari blog ini

LAGU ANAK Terimakasih Tuhan (Joshua), Sirik (OST. Joshua Oh Joshua), Lihat Kebunku, Gembala Sapi

TerimaKasih Tuhan Voc: Joshua Suherman Terimakasih Tuhan, kuucapakan Atas bimbingan dan karuniamu Sehingga aku bisa menghadapi sgala cobaan Namun aku tetap ingat padamu...             Terimakasih ibu dan bapakku             Atas dorongan semangatmu             Sehinngga aku tetap bisa bersekolah             Walau rasanya sungguh susah Terimakasih juga guru-guruku Yang tak pernah lelah mengajariku Terimakasih juga teman-temanku Yang tak pernah henti menghiburku. Untuk Lirik Lagu dan download MP3 Original sountrack Joshua Oh Joshua Lainnya, klik, DISINI Lihat Kebunku Lihat Kebunku, penuh dengan bunga Ada yang putih dan ada yang merah Setiap hari ku siram semua Mawar melati semuanya indah.       Gembala Sapi Voc: Mega Utami Saya ini si gembala sapi.. O biye.. Obiye.. Obiyoo Inilah kerjanya si gembala sapi Apa yang kau pikirkan lagi Yo.. bulei… bulei.. yo bulei.. bulei.. bulei             Bila hari telah pe

PART 2 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

SOAL QURDIST ( TAJWID ): 1.     Jika ada Nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ‘ain ( ع )     maka dibaca jelas. Hukum bacaan ini disebut…. ( Idzhar ) 2.     “ وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا “ Hukum bacaan yang terdapat pada bagian “ وَالْعَادِيَاتِ ” disebut bacaan… ( Alif Lam Qamariyah ) 3.     Sebutkan 5 huruf dari hukum bacaan Qalqalah…. ( ب - ج - د - ط – ق ) 4.     Surah Al-Quran yang terakhir kali diturunkan adalah …. ( Al-Maidah ayat 3 )   5.     Surah Al-Quran yang pertama kali diturunkan adalah… ( Al-Alaq/ Al-Alaq ayat 1-5 ) 6.       Surah Al-Kafirun termasuk ke dalam golongan surah…. ( Makiyyah ) 7.       Muttafaqun ‘Alaih adalah sebutan untuk dua perawi hadist yaitu…. ( Bukhari - Muslim ) 8.       Berapakah jumlah Juz, Surah dan Ayat didalam Al-Quran? .. (30 Juz/114 Surah/6666 Ayat) 9.       Hukum bacaan Mad yang terdapat pada “   السُّفَهَاءُ ” adalah …. ( Mad wajib Muttasil ) 10.   Surah terpanjang dalam Al-Quran adalah….. ( Al-Baqarah )

ORIGINAL SOUNTRACK JOSHUA OH JOSHUA LIRIK LAGU (DOWNLOAD JUGA MP3-NYA)

   SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #1 Lagu Andai AKu jadi Kaya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )                                       Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Kan ku sewakan pada pengamen-pengamen ANdai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku ajak ayah dan Bunda (Kemana?) Kemana aja, namanya juga orang kaya… Duh.. enaknya jadi orang kaya Beli apa juga bisa Pergi kemana saja bisa (Bisa kaya gak kita ya?) Bisa….. Pasti bisa Asal kita rajin bekerja Bisa….. Pasti bisa Asal rajin menggapai cita Lagu Andai AKu jadi Kaya Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Tak sewa no pengamen-pengamen, Rek.. Untuk download lagu MP3-nya silahkan klik, DISINI SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #2 Sirik Tak Baik Adanya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )          

BIOGRAFI SINGKAT, PEMIKIRAN DAN KARYA KH. AHMAD DAHLAN

KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah membawa kita pada zaman yang penuh berkah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam proses penyusunan makalah ini, baik dari segi material maupun spiritual, sehingga makalah ini da pat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.             Makalah dengan judul “Biografi, Pemikiran, Karya dan Gerakan KH. Ahmad Dahlan” ini disusun sebagai salah satu syarat penilaian kompetensi dasar pembuatan makalah dan presentasi semester keempat pada mata kuliah Kepemimpinan Dakwah. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan peny

PART 3 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

Cerdas Cermat Islami SOAL WAJIB Soal     : Aqidah Akhlak 1.     Seluruh rasul mempunyasi sifat-sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki rasul disebut sifat wajib rasul, sifat wajib tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat wajib tersebut beserta artinya ... Shiddiq : berkata benar Amanah : dapat dipercaya Tabligh : menyampaikan Fathonah : cerdik dan pandai 2.     Seluruh rasul terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul disebut sifat mustahil bagi rasul, sifat mustahil tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat mustahil tersebut beserta artinya ... Kizib :berkata bohong Khianat : tidak dapat dipercaya Kitman : menyembunyikan Baladah : bodoh 3.     Diantara 25 Nabi dan Rasul, ada rasul yang diberi gelar ulul azmi, sebutkan siapa saja mereka ... Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad AS 4.