Langsung ke konten utama

PART 1 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)


SOAL AL QUR’AN
Soal Wajib
1.    Surat ke 114 dalam Al Qur’an adalah surat An Nas. Arti  kata An Nas adalah……. (Manusia)
2.    Surat ke 112 dalam Al Qur’an adalah surat An Ikhlas. Arti  kata An Ikhlas adalah……. (Memurnikan Keesaan ALLAH)
3.    Surat ke 109 dalam Al Qur’an adalah surat Al Kafirun. Arti  kata Al Kafirun adalah ……. (Orang- orang kafir)
4.    Surat ke 108 dalam Al Qur’an adalah surat Al Kautsar. Arti  kata Al Kautsar adalah ……. (Nikmat yang banyak)
5.    Al ‘Asr atau yang lebih dikenal dengan awal suratnya yang berbunyi Wal ‘Asri merupakan surat ke 103 dalam Al Qur’an. Arti dari kata Al ‘Asr adalah…….. (waktu/ masa)
6.    Surat Al Quraisy adalah surat ke 106 dalam Al Qur’an. Arti dari kata Al Quraisy adalah……. (Suku Quraisy)
7.     Naarullohi-muuqodah adalah termasuk surat apa dan ayat berapa???  (Al Humazah:6)
8.    Teruskan ayat berikut ini:
Fa atsarna bihii naq’aa. (Fa wasathna bihii jam’aa. InnaL Insaana lirobbhii lakanuud.  Wa innahuu ‘alaa dzaalika lasyahiid.)
9.    Wa hushshila maa fish shuduur. Adalah termasuk surat apa dan ayat dan berapa? (Al – Adiyat:10)
10. Fa ammaa man(g) tsaqulat mawaaziinuh(u). Termasuk surat apa dan ayat berapa? (Al Qari’ah:6)
11. Wa laa an(g) tum ‘aabiduuna maa a’bud. Termasuk dalam surat apa serta ayat berapa dan berapa? (Al Kafiruun : 3 dan 5)
12. Teruskan ayat di bawah ini
Kallaa saufa ta’lamuun. (Tsumma kallaa saufa ta’lamuun. Kallaa lau ta’lamuuna ‘ilmal yaqiin. Latarowunnal jahiim)
SOAL LEMPARAN
1.    Teruskan ayat di bawah ini:
Kallaaaa innal insaana layathghaa
(ar ro’aahustaghnaa . inna ilaa robbikar ruj’aa . aro aytalladzii yan haa)
2.    Coba bacakan surat Al Bayyinah ayat 4 dan 5.
3.    Coba bacakan surat Al Alaq ayat 1-5
4.    “Famay ya’mal mitsqoola dzarrotin khoiroy yaroh” merupakan surat apa dan ayat berapa?
(Al Zalzalah : 7)
5.    Tsumma kalla saufa ta’lamuun. Bacakan 3 ayat sebelum ayat tersebut.
(Al haakumut takaatsur . Hatta zur tumul maqoobir . kalla saufa ta’lamuun.)
6.    Surat ke 103 dalam Al Qur’an adalah Al Asr.  Arti Al Asr adalah ? (Waktu / Masa)


Soal Rebutan
1.    “Innal Insaana lirobbihii lakanuud”. Bacakan 3 ayat sebelum ayat ini? (fal mughiirooti shubhaa . fa atsarna bihii naq’aa . fawasathna bihii jam’aa) Al Adiyat.
2.    Teruskan ayat di bawah ini: “Innalladziina aamanuu aamanuu wa ‘amilush shoolihaati ulaaa ika humul khoirul bariyyah.” (Jazaa uhum ‘inda robbihim jannaatu ‘adnin tajrii min tahtihal an haaru khoolidiina fiihaaa abadaaa, rodhiyallohu ‘anhum wa rodhuu ‘anhu, dzaalika liman khosyiya robbah.) Al Bayyinah

FINAL
Soal Al Qur’an
Wajib
1.    Surat ke 98 dalam Al Qur’an adalah surat Al Bayyinah, apakah arti dari Al Bayyinah?
(Bukti/ bukti yang nyata)
2.    Surat terpanjang di dalam Al Qur’an adalah Surat Al Baqarah. Arti dari Al Baqarah adalah?
(Sapi Betina)
3.    Coba bacakan ayat pertama surat An Nasr? (Idzaa jaa a nashrullohi wal fath.)
4.    Surat ke 111 dalam Al Qur’an yang artinya adalah gejolak api adalah surat? (Al Lahab)
5.    Surat ke 104 dalam Al Qur’an yang artinya adalah pengumpat adalah ? (Al Humazah)
6.    Coba bacakan surat Al Baqarah ayat 1-5.
Lemparan
1.    Surat Al Asr merupakan surat ke 103 dalam Al Qur’an. Berapakah jumlah ayat dalam surat tersebut? (3 ayat)
2.    Surat Al Ikhlas yang memiliki arti “memurnikan keesaan ALLAH” merupakan surat ke 112 dalam Al Qur’an. Ada berapa jumlah ayat di dalam surat tersebut? (4 ayat)
3.    Berapakah jumlah ayat dalam surat Al Bayinah? (8 Ayat)

Rebutan
1.    Surat yang merupakan surat pertama pada juz pertama adalah? (Al Fatihah)
2.    “Tsumma rodadnaahu asfala saafiliin”. Bacakan ayat pertama surat dari potongan surat tersebut? (Wat tiini waz zawituun)


SOAL SKI
SOAL WAJIB
1.    Berapakah jumlah pasukan muslim dan pasukan kafir pada saat perang badar…..? (Pasukan Muslim 313 orang dan pasukan kafir 1000 orang)
2.    Siapakah nama paman Rasulullah Muhammad SAW yang gugur pada pertempuran perang Uhud….?  (Hamzah bin Abdul Muthallib)
3.    Apakah nama burung yang dikirim ALLAH SWT untuk menghancurkan pasukan gajah yang ingin menghancurkan Ka’bah….? (Burung Ababil)
4.    Utsman bin Affan mempunyai julukan Dzun Nur’ain yang artinya “pemilik dua cahaya”. Apa sebabnya?
(Karena beliau menikahi 2 putri Rasulullah)
5.     Siapakah nama sahabat yang pertama kali masuk Islam? (Abu Bakar Shiddiq)
6.    Perang khandaq adalah perang dimana pasukan muslim membuat paris sebagai strategi perang mereka. Siapakah sahabat yang mengusulkan untuk membuat parit pada perang tersebut….? (Salman Al Farisy)
7.    Siapakah nama 2 putri Rasulullah SAW yang dinikahi oleh sahabat Utsman bin Affan? (Ruqayyah RA dan Ummu Kultsum RA)
8.    Salah satu sahabat Rasul ada yang sering dikenal dengan Abu Hurairah. Arti dari Abu Hurairah adalah……. (Bapak Kucing)
9.    Pada usia Berapakah Rasulullah SAW diangkat menjadi Nabi dan Rasul? (40 tahun)
10. Setelah Rasulullah SAW wafat, secara berurutan, umat muslim dipimpin oleh 4 orang sahabat nabi yang menjadi khalifah yang disebut Khulafaur Rasyidin. Siapakah 4 orang sahabat tersebut?
(Abu Bakar, Uman bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thaalib)
11. Jelaskan pengertian kaum Muhajirin dan Anshor?
SOAL LEMPARAN
1.    Berapakah usia nabi Muhammad dan siti Khadijah ketika mereka berdua menikah?
(Nabi Muhammad 25 tahun Siti Khadijah 40 tahun.)
2.    Siapakah nama malaikat yang menyampaikan wahyu pertama di Gua Hira? (malaikat jibril)
3.    Apakah nama perjanjian yang dilanggar kaum kafir yang menjadi salah satu penyebab terjadinya Fathul Mekkah/ pembebasan kota mekkah? (perjanjian Hudaibiyah)
4.    Siapakah nama paman Rasulullah yang senantiasa membela nabi dari gangguan kaum Quraisy, tetapi hingga akhir beliau tidak masuk Islam? (Abu Thalib)
5.    Pada masa kepemimpinan siapakah masa keemasan Dinasti Abbasiyah terjadi? (Sultan Harus Al Rasyid)

SOAL REBUTAN
1.    Siapakah khulafaur Rasyidin yang pertama?
2.    Siapakah khulafaur Rasyidin yang kedua?
3.    Siapakah khulafaur Rasyidin yang ketiga?
4.    Siapakah khulafaur Rasyidin yang keempat?
Final

Wajib
1.    Khalifah Abu bakar mengalami 2 kali pembaiatan, salah satunya dikenal dengan baiat Ammah. Dimanakah baiat ammah terjadi? (Masjid Nabawi)
2.    Sebutkan setidaknya 2 masalah besar yang timbul pada kepemimpinan khalifah Abu bakar Shiddiq. (Munculnya orang2 murtad, munculnya nabi palsu, pmunculnya pemberontakan, banyaknya orang yang ingkat membayar zakat)
3.    Siapakah sahabat yang di beri tanggung jawab untuk melakukan pengumpulan ayat- ayat Al Qur’an pada masa Khalifar Abu Bakar Shiddiq? (Zaid bin Tsabit)


Postingan populer dari blog ini

LAGU ANAK Terimakasih Tuhan (Joshua), Sirik (OST. Joshua Oh Joshua), Lihat Kebunku, Gembala Sapi

TerimaKasih Tuhan Voc: Joshua Suherman Terimakasih Tuhan, kuucapakan Atas bimbingan dan karuniamu Sehingga aku bisa menghadapi sgala cobaan Namun aku tetap ingat padamu...             Terimakasih ibu dan bapakku             Atas dorongan semangatmu             Sehinngga aku tetap bisa bersekolah             Walau rasanya sungguh susah Terimakasih juga guru-guruku Yang tak pernah lelah mengajariku Terimakasih juga teman-temanku Yang tak pernah henti menghiburku. Untuk Lirik Lagu dan download MP3 Original sountrack Joshua Oh Joshua Lainnya, klik, DISINI Lihat Kebunku Lihat Kebunku, penuh dengan bunga Ada yang putih dan ada yang merah Setiap hari ku siram semua Mawar melati semuanya indah.       Gembala Sapi Voc: Mega Utami Saya ini si gembala sapi.. O biye.. Obiye.. Obiyoo Inilah kerjanya si gembala sapi Apa yang kau pikirkan lagi Yo.. bulei… bulei.. yo bulei.. bulei.. bulei             Bila hari telah pe

PART 2 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

SOAL QURDIST ( TAJWID ): 1.     Jika ada Nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ‘ain ( ع )     maka dibaca jelas. Hukum bacaan ini disebut…. ( Idzhar ) 2.     “ وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا “ Hukum bacaan yang terdapat pada bagian “ وَالْعَادِيَاتِ ” disebut bacaan… ( Alif Lam Qamariyah ) 3.     Sebutkan 5 huruf dari hukum bacaan Qalqalah…. ( ب - ج - د - ط – ق ) 4.     Surah Al-Quran yang terakhir kali diturunkan adalah …. ( Al-Maidah ayat 3 )   5.     Surah Al-Quran yang pertama kali diturunkan adalah… ( Al-Alaq/ Al-Alaq ayat 1-5 ) 6.       Surah Al-Kafirun termasuk ke dalam golongan surah…. ( Makiyyah ) 7.       Muttafaqun ‘Alaih adalah sebutan untuk dua perawi hadist yaitu…. ( Bukhari - Muslim ) 8.       Berapakah jumlah Juz, Surah dan Ayat didalam Al-Quran? .. (30 Juz/114 Surah/6666 Ayat) 9.       Hukum bacaan Mad yang terdapat pada “   السُّفَهَاءُ ” adalah …. ( Mad wajib Muttasil ) 10.   Surah terpanjang dalam Al-Quran adalah….. ( Al-Baqarah )

ORIGINAL SOUNTRACK JOSHUA OH JOSHUA LIRIK LAGU (DOWNLOAD JUGA MP3-NYA)

   SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #1 Lagu Andai AKu jadi Kaya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )                                       Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Kan ku sewakan pada pengamen-pengamen ANdai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku ajak ayah dan Bunda (Kemana?) Kemana aja, namanya juga orang kaya… Duh.. enaknya jadi orang kaya Beli apa juga bisa Pergi kemana saja bisa (Bisa kaya gak kita ya?) Bisa….. Pasti bisa Asal kita rajin bekerja Bisa….. Pasti bisa Asal rajin menggapai cita Lagu Andai AKu jadi Kaya Andai aku jadi kaya Punya uang sejuta-juta Kan ku beli banyak gitar (untuk apa?) Tak sewa no pengamen-pengamen, Rek.. Untuk download lagu MP3-nya silahkan klik, DISINI SOUNDTRACK  Joshua Oh Joshua #2 Sirik Tak Baik Adanya ( Joshua Suherman ft Mega Utami )          

BIOGRAFI SINGKAT, PEMIKIRAN DAN KARYA KH. AHMAD DAHLAN

KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam tak lupa kami haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya yang telah membawa kita pada zaman yang penuh berkah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam proses penyusunan makalah ini, baik dari segi material maupun spiritual, sehingga makalah ini da pat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.             Makalah dengan judul “Biografi, Pemikiran, Karya dan Gerakan KH. Ahmad Dahlan” ini disusun sebagai salah satu syarat penilaian kompetensi dasar pembuatan makalah dan presentasi semester keempat pada mata kuliah Kepemimpinan Dakwah. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan peny

PART 3 - KUMPULAN SOAL CERDAS CERMAT ISLAMI (JENJANG SD KELAS 6 - SMP SEDERAJAT)

Cerdas Cermat Islami SOAL WAJIB Soal     : Aqidah Akhlak 1.     Seluruh rasul mempunyasi sifat-sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat terpuji yang harus dimiliki rasul disebut sifat wajib rasul, sifat wajib tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat wajib tersebut beserta artinya ... Shiddiq : berkata benar Amanah : dapat dipercaya Tabligh : menyampaikan Fathonah : cerdik dan pandai 2.     Seluruh rasul terhindar dari sifat-sifat tercela. Sifat-sifat tercela yang tidak mungkin ada pada diri rasul disebut sifat mustahil bagi rasul, sifat mustahil tersebut ada 4. Sebutkan keempat sifat mustahil tersebut beserta artinya ... Kizib :berkata bohong Khianat : tidak dapat dipercaya Kitman : menyembunyikan Baladah : bodoh 3.     Diantara 25 Nabi dan Rasul, ada rasul yang diberi gelar ulul azmi, sebutkan siapa saja mereka ... Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad AS 4.